Ini Kata Pertamina Region I Terkait Rembesan Tanki Pertalite di SPBU Payakumbuh

Warga saat melihat kondisi drainase di Belakang SPBU Payakumbuh
Warga saat melihat kondisi drainase di Belakang SPBU Payakumbuh (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I akhirnya angkat bicara terkait adanya informasi mengenai genangan produk BBM di saluran air pemukiman warga di Jalan Padang, Belakang SPBU 14.262539, Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat yang terjadi pada Sabtu 28 November 2020.

Mendengar kabar tersebut, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I pun segera menurunkan tim untuk memeriksa ke lapangan.

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Taufikurachman mengatakan dari hasil pengecekan internal di lapangan, adanya titik kebocoran Produk BBM dari tanki produk pertalite yang merembes hingga mengalir ke saluran air warga sekitar jalan Padang. Menindaklanjuti kejadian tersebut, Pertamina segera melakukan pengosongan tanki Pertalite yang diduga mengalami kebocoran untuk segera di perbaiki.

"Selain itu untuk mencegah terjadinya kebakaran, pihaknya berkoordinasi dengan polsek setempat untuk mensterilkan lokasi dengan memasang garis polisi di tempat tersebut, agar warga tidak membuang puntung rokok atau bahan mudah terbakar lainnya sembarangan," ujarnya.

baca juga: Edarkan Uang Palsu di 10 TKP, Pria Asal Lima Puluh Kota Diringkus Polres Payakumbuh

Ia menjelaskan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Pemda setempat, BPBD Kota Payakumbuh , Dinas Lingkungan serta Pihak Polres untuk melakukan pembersihan atas rembesan yang terjadi. Secara rutin ia menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan fasilitas SPBU agar kejadian tersebut tidak kembali terjadi.

"Kami memastikan bahwa kejadian tersebut tidak berdampak pada operasional SPBU sehingga tetap melayani masyarakat dalam penyediakan BBM," kata Taufikurrahman yang merupakan Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero).

baca juga: Baru Awal Tahun, BNPB Catat Seratusan Lebih Bencana Alam di Indonesia dengan Korban Meninggal 166 Jiwa

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri