KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Padang menyatakan sebanyak 469 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) reaktif Covid-19.

"Dari 13.600 KPPS yang sudah melakukan rapid tes, 469 diantaranya dinyatakan reaktif," kata Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra, Senin 30 November 2020.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

Ia mengatakan, untuk menindaklanjuti hasil tersebut, petugas bersangkutan telah mengikuti pemeriksaan lanjutan berupa tes PCR swab.

"Sebagian hasilnya sudah keluar dan dinyatakan negatif. Tapi untuk hasil keseluruhan masih menunggu dari laboratorium," lanjutnya.

baca juga: Profesor Iris Sebut Resiko Tertular COVID-19 Masih Memungkinkan, Meski Telah Divaksin Dua Kali

Ia mengatakan, nantinya jika dari tes PCR swab dinyatakan positif, petugas tersebut dilarang untuk melaksanakan tugasnya hingga dinyatakan negatif.

"Meskipun positif Covid-19, posisi mereka sebagai KPPS tidak akan digantikan oleh siapa pun. Karena masih memungkinkan untuk melaksanakan pemungutan suara," lanjutnya.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Kembali Bertambah, 2 Orang Meninggal

Ia mengatakan, jumlah dalam satu KPPS sebanyak 7 orang, jika terdapat 2 petugas yang terjangkit Covid-19, maka masih diperbolehkan menjalankan tugas hanya dengan 5 orang saja.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri