Ternyata Sandiaga Uno Sudah Berniat Menggandeng Kemenkes, Ini Tujuannya

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membahas percepatan pemulihan pariwisata dan ekraf nasional yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga mengaku sengaja menggandeng Kemenkes untuk melengkapi percepatan tersebut dengan protokol kesehatan.

baca juga: Lirik Potensi Wisata Kesehatan, Sandiaga Uno: Punyai Pangsa Pasar yang Sangat Besar

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengemukakan, sejak pelantikan menjadi menteri sudah berniat menggandeng Kemenkes . Dia ingin menyertakan sisi kesehatan dalam membangkitkan pariwisata dan ekraf.

"Saya kebetulan setelah pelantikan langsung berbicara di Istana bersama Pak Menkes, kita harus berkolaborasi untuk pariwisata dan ekonomi kreatif untuk sisi kesehatannya," kata Sandiaga di Jenggala, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2020).

baca juga: Gubernur Dukung Optimalisasi Potensi Wisata Nagari

Berbicara soal kesehatan, Sandiaga melanjutkan program Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability (CHSES) atau kebersihan, keamanan dan kelestarian lingkungan yang sudah diterapkan Kemenparekraf sebelumnya. Ia ingin agar CHSES terus diterapkan bagi pelaku usaha ataupun wisatawan.

"Jadi pertemuan kali ini sengaja kita buat sangat informal, tapi sudah melahirkan pemikiran bersama mengenai 17 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era pademik, yang kita harap bisa di esekusi minggu depan," ujarnya.

baca juga: Ditanya Sandiaga Uno Kenapa Dijuliku Lord, Ini Jawab Pak Adi MasterChef

Dalam diskusi yang dibuat secara informal tersebut, Sandiaga menyepakati sejumlah kebijakan bersama Budi. Kebijakan yang disepakati itu dilakukan untuk menjamin rasa aman dan nyaman, baik para wisatawan maupun para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian pada kesempatan yang sama, Budi meyakini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali bangkit dengan diiringi protokol kesehatan Covid-19.

baca juga: Dugaan Kebocoran Data Pribadi pada Aplikasi eHAC, Ini Komentar Kominfo

"Kami di sektor kesehatan percaya jika setiap rakyat yang berperan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa memiliki rasa aman, mereka pasti nyaman untuk melakukan kontak fisik, melakukan kegiatan ekonomi dan akan bekerja dengan sendirinya," tuturnya.

Untuk merealisasikannya, Sandiaga dan Budi sepakat untuk melewati step penandatangan kesepakatan bersama atau MoU. Sebagai gantinya, keduanya bakal segera melakukan rapat internal untuk meralisasikan surat keputusan bersama (SKB) guna membentuk tim.

"Minggu depan kami segera melakukan rapat internal untuk merealisasikan SKB, karena kita akan skip MOU. Kita akan membentuk timnya, harapan kita 17 sektor tersebut selesai dalam waktu 1 bulan," katanya.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi