Dibatasi Kaca Tebal, Pengunjung TMSBK Bisa Berpose dengan Harimau Sumatra

Petugas TMSBK Bukittinggi berpose dengan Harimau Sumatra, Senin (11/01/2021)
Petugas TMSBK Bukittinggi berpose dengan Harimau Sumatra, Senin (11/01/2021) (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Ada yang baru di Taman Marga Satwa Budaya Kinantan ( TMSBK ) atau Kebun Binatang Bukittinggi - Sumbar. Mulai Rabu 13 Januari 2021 besok siang rencananya kandang baru Harimau Sumatra akan diresmikan dan dibuka untuk umum.

Jika sebelumnya pengunjung melihat Harimau Sumatra dari ketinggian dan dari jarak yang jauh, kali ini pengunjung dan harimau hanya dibatasi kaca tebal dan bisa melihat harimau dengan jarak yang lebih dekat.

baca juga: DKPP Tolak Seluruh Pengaduan Pengadu Terhadap Komisioner KPU dan Bawaslu Bukittinggi

Kondisi ini memungkinkan pengunjung untuk berpose dengan Harimau Sumatra , karena jika posisi kamera tepat, kaca transparan itu tidak akan terlihat dan seolah-olah pengunjung betul-betul sedang bermain atau bercanda dengan harimau .

Keeper Harimau Sumatra TMSBK Bukittinggi Zainal Japrul mengatakan, pada awal-awal kandang baru ini difungsikan, hanya ada tiga Harimau Sumatra yang ditempatkan. Dari tiga itu, baru satu di antaranya yang boleh dikatakan sudah jinak, atau bisa beradaptasi dengan manusia.

baca juga: Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Tanjung Raya Agam

"Baru satu yang jinak, namanya Boncel. Yang dua lagi masih beradaptasi dengan kandang baru. Butuh waktu," ujar Zainal Japrul, Senin 11 Januari 2021.

Ia mewanti-wanti kepada pengunjung untuk tidak membawa apapun jenis hewan peliharaan, apalagi hewan koleksi TMSBK lainnya ke dalam kawasan kandang Harimau Sumatra .

baca juga: Dua Pemuda Ini Maling Toko Plastik Miliaran Rupiah di Bukittinggi, Begini Modusnya

Sementara itu, Kabid TMSBK , Ikbal Bahal menyebut jumlah total Harimau Sumatra koleksi TMSBK saat ini berjumlah 8 ekor. Namun dari jumlah itu hanya 6 ekor nantinya akan berada dalam kandang kaca.

"Karena ada 2 dari 8 ekor itu yang cacat, maka yang 2 itu tak layak rilis atau tak layak dipertontonkan. Jadi nanti hanya ada 6 ekor yang akan menghuni kandang baru ini," ujar Ikbal.

baca juga: Seorang Dokter Meninggal di RSAM Bukittinggi, Positif Covid-19

Untuk berselfie dengan harimau , Ikbal menegaskan jika petugas tidak akan mengkondisikan harimau mau berfoto dengan pengunjung. Menurutnya, pengunjung bisa memanfaatkan momen-momen ketika harimau sedang berada dekat kaca atau sedang menghampiri pengunjung.

Terkait keamanan pengunjung, menurut Ikbal, kaca tebal pembatas harimau dengan pengunjung sudah memenuhi standar dan aman bagi keselamatan pengunjung.

"Ini pakai jenis kaca SGP, pakai laminating dua lapis, total ketebalannya lebih dua setengah sentimeter," ujar Ikbal.

Untuk SOP-nya, Harimau Sumatra ini akan dimasukan ke kandang besi mulai sore hingga malam, dan baru dilepas ke kandang kaca pada pagi hari.

Ikbal menuturkan, rencananya juga akan dipasang pintu rolling sebagai penambah keamanan serta untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai contoh, jika terjadi gempa yang membuat kaca pecah, maka pintu rolling akan digunakan untuk menutup kandang agar Harimau Sumatra di dalamnya tidak lepas.

Editor: Haswandi

Komentar