Dinilai Inovatif, BNNK Payakumbuh Terima Kunjungan DPRD Kampar

Kepala BNNK Payakumbuh saat menerima kunjungan anggota Komisi I DPRD Kampar beberapa waktu lalu.
Kepala BNNK Payakumbuh saat menerima kunjungan anggota Komisi I DPRD Kampar beberapa waktu lalu. (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh terima kunjungan dari anggota DPRD Kampar, Riau, Rabu 13 Januari 2021 beberapa waktu lalu. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama di tahun 2021 dan menjadi rangkaian kunjungan kerja dari Komisi I DPRD Kampar.

Ketua Komisi I DPRD Kampar Muhammad Ansar mengatakan dalam kunjungan tersebut dirinya dan beberapa orang lainnya berbagi informasi dengan Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal. Ia mendengar bahwa BNNK Payakumbuh telah melakukan beberapa program kegiatan menarik dan nantinya akan diterapkan di Kabupaten Kampar.

baca juga: Anggota DPR Minta Masyarakat Sumbar Tidak Takut Divaksin

"Ada program menarik dari BNNK Payakumbuh yang membuat kami tertarik, salah satunya terobosan melakukan tes urine kepada calon pengantin dan BNNK Payakumbuh juga masuk ke sekolah-sekolah," kata Muhammad Ansar dari Fraksi Partai PPP.

Ia menjelaskan bahwa hal yang dilakukan BNNK Payakumbuh sangat tepat karena dapat langsung mendeteksi orang-orang menjadi korban dari narkoba. Pasca kunjungan kerja tersebut, pihaknya akan memanggil stakeholder terkait dan akan mencoba menerapkan program ini di Kampar.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

"Harapannya adalah kami dapat bersinergi dengan Kemenag, dinas pendidikan, dan dinas terkait karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kemudian hal paling penting adalah melindungi orang-orang yang belum terkena dampak dari bahaya narkoba ini," ujarnya.

Sementara itu, untuk orang-orang yang sudah menjadi korban agar dapat langsung direhabilitasi. Untuk hal ini, Muhammad Ansar mengatakan bahwa BNNK Payakumbuh juga telah melakukan proses rehabilitasi sosial.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

"Walaupun masih sebatas rawat jalan, tapi ini luar biasa dan BNNK Payakumbuh juga telah melakukan pendampingan dengan diangkatnya satu orang agen pemulihan yang mendampingi orang-orang yang sudah menjadi korban penyalahgunaan narkoba," kata ketua Komisi I DPRD Kampar yang juga membidangi terkait narkoba tersebut.

Secara terpisah, Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal mengapresiasi kunjungan anggota Komisi I DPRD Kampar tersebut. Sebab menurutnya semua pihak harus terlibat dalam upaya penanganan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ini.

baca juga: PNS yang Terpilih Pilwana Mesti Cuti dan Fokus sebagai Wali Nagari

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani