Awali Tahun Baru, Bupati Irfendi Arbi Raih Penghargaan Peduli HAM

Bupati Irfendi bersama piagam penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM RI
Bupati Irfendi bersama piagam penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM RI (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Mengawali tahun 2021 dan menjelang memasuki akhir masa jabatannya, Bupati Irfendi Arbi kembali raih penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM . Saat dihubungi Jumat 15 Januari 2021, penghargaan tersebut diterimanya pada Senin 4 Januari 2021 lalu yang diserahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat di Padang.

Irfendi Arbi menjelaskan penghargaan tersebut merupakan Penghargan Kabuaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM bagi masyarakat dan daerahnya. Ia mengaku gembira dan bangga mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM ini karena hal tersebut merupakan bentuk komitmen dan sinergi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam memberikan hak masyarakat dan pelayanan publik yang berbasis HAM .

baca juga: Anggota DPR Minta Masyarakat Sumbar Tidak Takut Divaksin

"Alhamdulillah, kita berhasil meraih Penghargan Kabuaten Peduli HAM dan prestasi ini tentunya harus menjadi pelecut bagi kita untuk tetap konsisten dalam penegakan HAM , baik dalam pelayanan publik maupun hak-hak masyarakat lainnya sesuai peraturan berlaku," kata Irfendi.

Ia menambahkan penghargaan itu merupakan kali ketiga yang diterima Kabupaten Limapuluh Kota secara berturut-turut sejak tahun 2018. Menurutnya dengan adanya penghargaan ini maka penegakan HAM di Kabupaten Limapuluh ke depannya diharapkan lebih meningkat lagi.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

"Penghargaan Kabuaten Peduli HAM ini merupakan yang ke tiga kalinya bagi Kabupaten Limapuluh Kota sejak tahun 2018 sampai tahun 2020. Kita berharap prestasi ini terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya," ujar Bupati Lima Puluh Kota .

Ia mengakui bahwa penetapan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai Kabupaten Peduli HAM tidak terlepas dari peran serta dan kerja sama stakeholder serta keikutsertaan berbagai elemen masyarakat. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan selama ini.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

Penghargaan ini bukanlah akhir dari sebuah kerja. Namun, menjadi awal dari sebuah upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi dengan melibatkan semua pihak agar terus berperan dalam upaya penegakan Hak Asasi Manusia di daerah ini," katanya.

Secara terpisah, Kabag Hukum Setdakab Limapuluh Kota Eri Fortuna berharap seluruh pihak terkait dan pemangku kepentingan agar terus berupaya untuk terwujudnya penegakan dan pemajuan hak asasi manusia di Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga ke depannya Lima Puluh Kota semakin berjaya dan terus berupaya memposisikan diri sejajar dengan daerah lain.

baca juga: PNS yang Terpilih Pilwana Mesti Cuti dan Fokus sebagai Wali Nagari

"Kita tentu berharap berbagai torehan prestasi itu terus di tingkatkan pada masa berikutnya," ujar Kabag Hukum Setdakab Limapuluh Kota Eri Fortuna didampingi Zulkifli, salah seorang tokoh mnasyarakat di Kecamatan Harau.

Eri Fortuna menambahkan Pemkab Limapuluh Kota sukses merebut anugerah bergengsi ini karena adanya kebijakan pemerintah daerah di bawah komando Bupati Irfendi Arbi untuk memenuhi hak-hak masyarakat seperti hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak lingkungan berkelanjutan, hak anak, hak atas perumahan, hak atas pekerjaan, dan hak atas kependudukan.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika menyerahkan penghargaan tersebut mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada kepala daerah yang sukses meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM .

"Saya mengucapkan apresiasi, terima kasih, dan selamat atas pencapaian Kepala Daerah masing-masing kabupaten dan kota, mudah-mudahan kedepannya terus meningkatkan kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia. Mari kita rancang rencana aksi, masing-masing Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Provinsi membuat rencana aksi yang tepat, kita perbanyak aksi-aksi HAM ", ujar Gubernur.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani