Tahun Ini Pemko Padang Punya Sembilan Program Prioritas

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang memprioritaskan sebanyak sembilan program pembangunan pada tahun 2021 yang mengaju pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Dengan sembilan program pembangunan ini, kami harapkan bisa membangkitkan kembali perekonomian," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

baca juga: Anggota DPR Minta Masyarakat Sumbar Tidak Takut Divaksin

Ia mengatakan bahwa sudah menyiapkan langkah-langkah untuk melanjutkan pembangunan yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, sembilan agenda prioritas itu mulai dari meningkatkan kualitas pendidikan hingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

"Program lainnya peningkatan dan penataan infrastruktur, sarana prasarana perkotaan serta transportasi kota berbasis ramah lingkungan, peningkatan penataan ruang dan pembangunan kawasan permukiman yang ramah lingkungan," lanjutnya.

Menurutnya, pembangunan ekonomi inklusif berbasis ekonomi kerakyatan dan pengembangan ekonomi kreatif, peningkatan sarana prasarana perdagangan dan penguatan kemitraan dalam perdagangan.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

"Selanjutnya, pengembangan industri berbasis potensi sumber daya dan kemitraan, optimalisasi mitigasi bencana berbasis komunitas cerdas bencana, peningkatan tata kelola pemerintahan, dan peningkatan iklim investasi serta kemudahan berusaha," lanjutnya.

Ia menambahkan, sembilan program prioritas diharapkan dapat mewujudkan Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, dan pariwisata unggulan. Selain itu, momentum untuk membangkit kembali perekonomian di Kota Padang yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

baca juga: PNS yang Terpilih Pilwana Mesti Cuti dan Fokus sebagai Wali Nagari

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani