Dilaksanakan Hingga 2022, Ini 4 Tahapan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

dokter Reisa Broto Asmoro.
dokter Reisa Broto Asmoro. (Youtube)

KLIKPOSITIF - Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia bakal berlangsung hingga 2022. Tahapan pemberian vaksin pun dilakukan dalam empat tahap dengan sasaran yang berbeda-beda.

Pelaksanaan vaksinasi juga wajib dilakukan dengan sangat cermat. Hal itu dinyatakan Juru Bicara Pemerintah, dokter Reisa Broto Asmoro.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

"Tahap pertama, pelaksanaan Januari hingga April 2021. Sasarannya tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," katanya, Senin (18/1/2021).

Tahap kedua pada periode yang sama, sasarannya petugas pelayan publik. Yaitu anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal. Kemudian perbankan, PLN, perusahaan air minum, serta petugas lainnya yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

"Dalam waktu ini, juga termasuk usia lanjut yakni diatas usia 60 tahun," kata Reisa.

Tahap ketiga, dilaksanakan April 2021 hingga Maret 2022. Dengan sasaran masyarakat tentang dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi.

baca juga: Kejar Wisatawan dalam Negeri, Sandiaga Uno: Ada 55 Juta warga Kelas Menengah yang Ingin Berwisata

Tahap keempat dilakukan pada periode yang sama (April 2021 hingga Maret 2022). Sasaran vaksinasinya adalah masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin .

Dengan mengetahui jadwal dan mekanisme vaksinasi, masyarakat diminta tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Karena jangan sampai masyarakat terkena Covid-19 sembari menunggu jadwal vaksinasinya.

baca juga: Sebut Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lambat, Perhimpunan Guru Pesimis Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

"Guna mencegah terkena Covid-19, sampai tiba waktunya divaksin. Dan terus disiplin bahkan setelah dilakukan vaksinasi sampai pandemi selesai," kata Reisa.

Editor: Eko Fajri