Andre Rosiade Bantu Istri Sopir Bus yang Terkena Kanker Payudara

Tim Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade kepada Suryani yang menderita kanker payudara di Kuranji, Kota Padang.
Tim Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade kepada Suryani yang menderita kanker payudara di Kuranji, Kota Padang. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

— Enam bulan sudah Fauzan harus tinggal di rumah mertuanya di Cubadak Aia, Kelurahan Lubuk Lintah, Kuranji bersama sang istri, Suryani (41).

Mereka boyongan dari Kota Payakumbuh, demi kesembuhan Suryani yang didiagnosa terkena penyakit kanker payudara yang sudah akut.

baca juga: Darul Siska: Pers Berperan dalam Menciptakan Persatuan Bangsa

"Saya biasa bawa bus Padang-Payakumbuh. Tapi sudah setengah tahun ini tak jalan karena fokus mengobati dan menjata istri," kata Fauzan.

"Istri saya sudah lumayan parah, aktivitas sehari-hari harus dibantu," sambung Fauzan saat didatangi Tim DPD Partai Gerindra Sumbar , Senin (18/1/2021).

baca juga: Anggota DPR Minta Masyarakat Sumbar Tidak Takut Divaksin

Di rumah itu, Suryani yang belum memiliki anak ini hanya bisa duduk dan sesekali mengeluhkan sakit di dadanya.

Dia tak bisa berbaring, tidurpun duduk. Di hidungnya tepasang selang oksigen (O2) dari tabung yang tak jauh dari tempatnya duduk.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

Hampir setiap hari dia dibantu bernafas dengan tabung O2 itu. Biayanya tak sedikit, Rp50 ribu per tabung. "Kadang bisa hampir 2 tabung sehari," kata Fauzan yang asli Sidempuan, Sumut ini.

Menurut Fauzan dan Suryani, untuk biaya sehari-hari mereka kini banyak dibantu keluarga dan teman-temannya.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

"Kami banyak dibantu teman-teman. Ini BPJS dan kartu lainnya masih dengan alamat di Payakumbuh. Agak susah berurusan di Padang," kata Suryani yang mengaku yakin bisa sembuh ini.

Katanya, sejak enam bulan terakhir memang terasa benjolan di dada bagian depan.

"Ada benjolan mirip jerawat batu dan memerah. Tidak hanya di dada, tapi sampai ke punggung. Tapi sekarang berobat di rumah saja, kalau di rumah sakit harus dikemo," kata Suryani yang setiap hari meminim obat herbal dari rekan-rekan dan dibelinya sendiri.

Suryani juga mengatakan sejak minum herbal ada perubahan. Lukanya sudah mulai mengering dan berharap cepat sembuh.

"Kalah dikemo banyak dampaknya. Kami coba obat herbal saja," ujar Suryani usai menerima bantuan sembako dan biaya berobat dari anggota DPR RI Andre Rosiade .

Bantuan dari Andre Rosiade itu diserahkan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Alwis Ray (wakil sekretaris), Dina (wakil sekretaris), Rina Shintya (wakil sekretaris) dan Zulkifli (wakil bendahara).

Fauzan dan Suryani sangat berterima kasih atas bantuan langsung dari Andre Rosiade kepadanya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pak Andre dan tim yang membantu pengobatan kami ini. Semoga pak Andre dan Gerindra sukses selalu," katanya yang mengaku sedang mengurus surat-surat pindah ke Padang ini.

Nurhaida yang juga Sektetaris PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, informasi derita Suryani ini didapatnya dari seorang pegiat sosial Aida dari Lubuk Minturun, Kototangah.

"Kami langsung cek lokasi dan kondisinya sudah cukup parah. Tidak hanya di dada, sudah sampai di punggung. Mungkin sebaiknya dibawa ke rumah sakit," kata Nurhaida lagi.

Andre Rosiade mengaku prihatin dengan kondisi Suryani yang menderita kanker payudara . Menurutnya, dengan kondisi tidak bekerja, memang sangat berat kalau ada keluarga yang sakit.

"Apalagi sekarang ada pandemi Covid-19. Semoga bu Suryani cepat sembuh dan pak Fauzan bisa bekerja seperti semula," kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini. (*/rel)

Editor: Riki