Gedung Perpustakaan Umum Tanah Datar Diresmikan, Pemkab Diminta Buat Program Pojok Baca Digital

Peresmian Gedung Perpustakaan Umum Tanah Datar
Peresmian Gedung Perpustakaan Umum Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar - Sumbar, secara virtual, Kamis 21 Januari 2021.

"Kita apresiasi dan bangga atas keberhasilan Pemkab Tanah Datar yang telah membangun gedung perpustakaan megah dan representatif," ucap Syarif dihadapan Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar Wardarusmen, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Erizal Ramli, dan Kepala OPD di Tanah Datar .

baca juga: Wabup Tanah Datar Bertekad Wujudkan ASN Tanah Datar yang Hafiz Quran

Ia mengharapkan ke depan, sarana ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergisitas dan kerjasama antara Pemkab Tanah Datar dengan Pemprov Sumbar dan juga Perpustakaan Nasional.

Syarif menyebut pihaknya pada 2021 akan memberikan bantuan sebesar Rp500 juta untuk pengadaan mobiler dan sarana pendukung lainnya, serta satu unit mobil perpustakaan keliling.

baca juga: Hari Ini 32 Pasien di Tanah Datar Sembuh COVID-19, Total Jadi 1.120 Orang

"Kami minta Pemkab dapat membuat program seperti Pojok Baca Digital tahun ini," tutur Syarif.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan minat baca masyarakat Tanah Datar saat ini cenderung meningkat.

baca juga: Rentenir Masih Ada di Tanah Datar, Ini Kiat Bupati Menghadapinya

"Peningkatan masyarakat untuk membaca bisa dilihat dari kunjungan ke Perpustakaan Umum Daerah ini, dan juga terhadap kunjungan pojok baca yang ada di beberapa nagari di Tanah Datar ," tutur Zuldafri.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Erizal Ramli menyampaikan gedung perpustakaan yang baru diresmikan ini menelan biaya sebesar Rp9,5 miliar sejak tahun 2017. (*)

baca juga: Banyak Nagari Keluhkan Belum Terjangkau Koneksi Internet, Ini Tanggapan Bupati Tanah Datar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi