Banyak yang Pensiun, Kabupaten Lima Puluh Kota Kekurangan Ribuan Guru

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota Indrawati sebut daerahnya alami kekurangan ribuan guru . Menurutnya, kekurangan ribuan guru ini telah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Indrawati menjelaskan bahwa pada tahun 2018, Kabupaten Lima Puluh Kota mengalami kekurangan 1.000 lebih. Kemudian beruntung dapat pengangkatan guru sebanyak 172 dan tahun 2020 juga dapat sebanyak 173 orang guru .

baca juga: Wagub Support Pembangunan Rest Area Silaing Bawah

"Rata-rata perbulannya ada belasan guru yang pensiun. Sehingga saat ini kita masih kekurangan guru . Puncaknya nanti adalah tahun 2022 akan ada banyak yang pensiun, terutama yang diangkat saat bencana "galodo"," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lima Puluh Kota Indrawati, Senin 25 Januari 2021

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa pada tahun 2021 juga bakalan ada pengangkatan P3K. Pihaknya juga telah merampungkan dan mengisi formasi sebanyak 436, dimana kekurangan guru ini terjadi di tingkat sekolah dasar.

baca juga: Tingkatkan Nilai Ekonomi Durian, Pemuda Solsel Gelar Festival Durian Koto Rambah Bariang

"Umumnya guru yang kurang tersebut adalah tingkat SD, terutama guru mata pelajaran olahraga dan agama islam. Saat ini jumlah sekolah di Lima Puluh Kota ada sebanyak 372 untuk SD dan SMP sebanyak 56 sekolah . Sedangkan untuk jumlah guru SD sebantak 3.423 dan guru SMP sebanyak 1.300 serta sebanyak 1.336 guru honorer yang telah masuk Dapodik," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri