Pandemi Covid-19, Di Rumah Aja Menggambar Bersama Faber-Castell Creative Art Series

Faber-Castell Soft Launching dan Workshop secara daring, Sabtu, 6 Februari 2021
Faber-Castell Soft Launching dan Workshop secara daring, Sabtu, 6 Februari 2021 (Istimewa)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Produsen alat tulis Faber-Castell memperkenalkan produk terbarunya Creative Art Series kepada orang tua secara daring Sabtu 6 Februari 2021.

Faber-Castell Soft Launching dan Workshop di masa pandemi Covid-19 itu dilaksanakan dalam bentuk kegiatan kreatif yang dibuat bersama orang tua dan anak . Salah satunya melalui kegiatan menggambar dan mewarnai maupun membuat craft/prakarya.

baca juga: Anak Harus Dijauhkan dari Paparan Asap Rokok, Begini Caranya

Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen menyampaikan, tidak ada yang lebih menyenangkan, menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menghasilkan sesuatu yang kreatif . Khususnya di tengah kondisi saat ini, dimana kegiatan masyarakat masih dibatasi.

Faber-Castell Creative Art Series, merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak , namun orang tua/keluarga dan juga dewasa, termasuk para tenaga pengajar.

baca juga: Sambut Ramadan, Emersia Waterpark Batusangkar Gelar Lomba Mewarnai

"Kehadiran produk ini juga sudah disesuaikan dengan Kurikulum 2013. kondisi pandemi mengharuskan anak menghabiskan waktunya di rumah. Proses belajar pun harus daring/online, sehingga banyak waktu yang di hanya digunakan bermain games, menonton tv, bahkan bermain sosial media, sehingga kebutuhan anak untuk mendapatkan pendidikan yang bernilai positif dan tentunya memiliki unsur kreativitas, terabaikan," ungkapnya.

Melalui produk ini, lanjutnya, diharapkan dapat kembali menumbuhkan bonding di keluarga, interaksi antara anggota keluarga, dan juga sebagai stress relief serta karya yang di hasilkan bisa dipajang/disimpan sehingga bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menjadi memori yang baik bagi anak .

baca juga: Tiga Hal Ini Disebut Bisa Menyebabkan Baby Blues

Richard menjelaskan, bahwa Faber-Castell Creative Art Series, untuk saat ini terbagi menjadi 6 (enam) produk yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

Hal unik lainnya dari produk Creative Art Series ini adalah setiap pembeli berhak mengikuti workshop Faber-Castell yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma.

baca juga: Sukses Usai Di-PHK, Produk Bikinan Edi Terjual hingga ke Amerika dan Eropa

Biasanya workshop seperti ini berbayar dari Rp 60.000,- sampai Rp. 150.000,- ini menunjukkan komitmen Faber-Castell untuk memberdayakan masyarakat dalam berkreasi seni dan bukan sekadar menjual produk.

Sementara itu, Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati, M.S., menjelaskan, masa kanak-kanak merupakan masa bermain, dimana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).

Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal. Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

"Produk Creative Art Series Faber-Castell cocok digunakan bagi anak -anak usia pra sekolah hingga anak -anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak , dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus," katanya.

Aisah Indati menjelaskan, pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell. Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak .

Dari sisi emosi dan sosial yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak . Sementara stimulasi

"Motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak ," ungkap Indati.

Indati menambahkan, kecerdasan emosional anak , amat memegang peranan penting tidak hanya untuk saat ini namun juga di kehidupannya dimasa depan dan hal itu dapat di raih melalui lingkungan yang sehat, mendukung serta diberikan stimulasi- stimulasi salah satunya melalui kegiatan menggambar dan mewanai.

"Dalam teori kecerdasan emosional di bukunya yang berjudul Buku Handbook of Intelligence, Goleman menjabarkan Ddngan kecerdasan emosional yang baik, hal tersebut pada akhirnya mendorong lahirnya kemampuan dalam ,emahami emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, memahami emosi orang lain serta memelihara hubungan," tutup Indati.

Editor: Joni Abdul Kasir