Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Pasaman Barat Diundur, Ini Rencana Jadwalnya

Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri (kanan) didampingi Kadis Kominfo Edi Murdani saat video konferensi dengan Dirjen OTDA Kemendagri di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat
Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri (kanan) didampingi Kadis Kominfo Edi Murdani saat video konferensi dengan Dirjen OTDA Kemendagri di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pasaman Barat , Hamsuardi dan Risnawanto yang direncanakan sehari setelah masa jabatan Bupati Yulianto habis terpaksa diundur.

Berdasarkan hasil video konferensi Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat , Yudesri dengan Dirjen OTDA Kemendagri, Senin (15/2/2021). Pelantikan kepala daerah terpilih bakal dilaksanakan di akhir bulan Februari.

baca juga: Dua Terduga Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi di Pasaman Barat

"Rencananya pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari atau 26 Februari 2021. Pelantikan pun akan dilakukan secara virtual di ibukota kabupaten," sebut Yudesri.

Ia mengatakan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Pasaman Barat , Yulianto pada tanggal 17 Februari 2021 mendatang. Untuk sementara waktu tugas kepala daerah akan dilaksanakan oleh sekretaris daerah.

baca juga: Berada di Zona Kuning, Dinas Kesehatan Klaim Pasaman Barat Terbaik Penanganan Corona di Sumbar

"Sampai dilantiknya kepala daerah terpilih, untuk sementara waktu tugas kepala daerah akan dilaksanakan oleh pelaksana harian kepala daerah yakni sekretaris daerah," katanya.

"Nanti di hari momentun Bapak Yulianto menyelesaikan masa pengabdian, akan ditandai dengan penyerahan memori pelaksanaan pemerintahan kepada pelaksana harian kepala daerah," sambungnya.

baca juga: Diduga "Bongkar" Bengkel Sepeda Motor di Pasbar, Seorang Pemuda Dibekuk Polisi

Kemudian Yudesri menjelaskan, nantinya untuk menyerahkan memori penyelenggara pemerintah kepada kepala daerah terpilih disaat pelantikan akan diserahkan langsung oleh dirinya sendiri.

"Sebagai pelaksana harian kepala daerah, nanti saya sendiri yang akan menyerahkan memori penyelenggaraan pemerintahan kepada bupati terpilih Pasaman Barat di saat pelantikan," jelasnya.

baca juga: Antisipasi Adanya DPC Tandingan, Pengurus Partai Demokrat Pasbar Datangi Polisi

Ia juga mengatakan petunjuk teknis pelantikan secara virtual akan segera disampaikan oleh Kemendagri kepada pemerintah daerah. Sedangkan pelantikan secara virtual dilakukan untuk menghindari keramaian.

"Pelantikan virtual ini dilaksanakan agar tidak ada keramaian atau kerumunan masyarakat, dalam rangka melaksanakan anjuran pemerintah pusat untuk mencegah cluster COVID-19," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi