Studi CDC: Guru Berperan Menularkan Covid-19 di Sekolah

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merilis hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru berperan besar menularkan Covid-19 di sekolah.

Hasil ini disimpulkan setelah peneliti menganalisis penularan Covid-19 di 8 Sekolah Dasar Negeri di Marietta, Georgia, dan Atlanta, selama periode 1 Desember 2020 hingga 22 Januari 2021.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

Selama itu, sebanyak 2.600 siswa dan 700 staf sekolah hadir dan datang ke 6 sekolah. Hasilnya, peneliti menemukan 9 klaster kasus Covid-19 yang melibatkan 13 pendidik atau guru dan 31 siswa di 6 SD.

Dari 6 klaster, 4 klaster di antaranya guru merupakan pasien indeks atau kasus awal, dan hanya seorang siswa yang merupakan pemilik kasus awal. Sedangkan 4 klaster lainnya, tidak bisa ditemukan pasien indeksnya.

baca juga: Ini Manfaat Kopi Bagi Penderita Prediabetes dan Diabetes

Namun peneliti menyimpulkan 8 dari 9 klaster penularan kemungkinan besar disebabkan oleh guru atau pengajar siswa di sekolah.

Penularan kemungkinan terjadi selama proses belajar mengajar atau istrahat makan siang. Guru yang terinfeksi virus corona SARS CoV 2 ini kemudian menularkan ke para siswa.

baca juga: Penelitian Ungkap Makan Cokelat Beri Sensasi Seperti Saat Berhubungan Seksual

"Kasus awal di antara para guru memainkan peran penting dalam penularan Covid-19 di sekolah, lalu membuatkan rantai penularan berikutnya, sehingga penting agar tenaga pendidik tercegah dari infeksi," ujar peneliti yang penelitiannya diterbitkan dalam jurnal CDC Morbidity and Mortality Weekly Report, mengutip Live Science, Selasa (23/2/2021).

Temuan ini dirilis tepat seminggu setelah CDC mengeluarkan pedoman pembukaan sekolah di Amerika Serikat pada masa pandemi Covid-19.

baca juga: Titi Kamal Kirim Surat Terbuka pada Presiden

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri