Wakili Padang Panjang, 150 Calon Kafilah MTQ Diseleksi

Wakil Wali Kota Buka Secara Resmi Kegiatan Seleksi Kafilah Kota Padang Panjang
Wakil Wali Kota Buka Secara Resmi Kegiatan Seleksi Kafilah Kota Padang Panjang (DirgaR)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) Nasional tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang . Pemerintah Kota (Pemko) dikebut. Ratusan calon kafilah jalani Training Center (TC) atau dilakukan seleksi untuk dapat mewakili Padang Panjang . Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Asrul, Selasa(1/3).

Dimulainya tahapan penjaringan calon kafilah, Asrul mengatakan, semua peserta mengikuti seleksi. "Kafilah terpilih yang akan mewakili Kota Padangpanjang harus siap. Sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Sumbar tahun ini, kita tentu menginginkan sukses pelaksanaan, pelaporan dan prestasi," katanya.

baca juga: Puncak Langkisau Suguhkan View Indah Bagi Atlet Paralayang Pesona Langkisau 2021

Sementara ketika digelarnya MTQ Sumbar di Kota Solok beberapa waktu lalu, lanjut Asrul, Kota Padangpanjang belum maksimal dalam mendulang prestasi.

"Namun tahun ini kita harus optimis, kita harus percaya diri mampu bersaing dengan kafilah lain," ujar Asrul.

baca juga: Petugas Lapas Pariaman Geledah Kamar Napi, Senjata Tajam dan HP Ditemukan

Kepada calon kafilah, Asrul meminta bisa mengikuti TC dengan baik. " Saya harapkan kafilah bisa berkonsentrasi sekaligus mampu mengimplementasikan ilmunya dalam tahapan seleksi ini. Seiring tahapan berjalan, kafilah dituntut terua meningkatkan kemampuan . Persiapkan pemusatan latihan ini dengan baik," ungkapnya.

Kepala Kemenag diwakili Kasubag TU, Drs. H. Bustami mengapresiasi Pemko, telah mempersiapkan segala sesuatu jelang MTQ XXXIX Tingkat Sumbar . "Terima kasih kepada Pemko telah mempersiapkan segala sesuatunya. Semoga TC berjalan dengan baik, membawa hasil yang maksimal, untuk kesuksesan dan nama harum Kota Padang Panjang ," sebutnya.

baca juga: Bupati Pessel Minta Seluruh OPD Segera Tuntaskan Proses Seluruh Pelaksanaan Kegiatan 2021

Lebih lanjut disebutkannya, calon kafilah harus menjaga kesehatan dan mental. "Apalagi di tengah Covid-19 ini, kunci sukses yaitu fisik dan mental harus kuat. Ketika lomba lawan jangan dianggap lebih hebat dari kita. Tapi jangan pandang enteng artinya harus percaya diri," lanjutnya.

Kepala Bagian Kesra Setdako Padangpanjang Ade Afdil mengatakan, TC dan seleksi digelar untuk seluruh cabang yang diperlombakan di tingkat Provinsi Sumbar .

baca juga: Tahun Ajaran Baru Siswa Di Solsel Dapat Seragam Gratis

"Pelatih dari tingkat provinsi dan kota. Tahap awal TC dan seleksi berlangsung di Masjid Islamic Center. Di antaranya ada yang ditetapkan besok, ada yang dua sampai tiga kali seleksi, ditetapkan Maret dan setelah bulan Ramadhan," katanya.

Para peserta selain pemuncak MTQ tingkat kota lalu, kata Ade, juga ditambah dengan potensi lain dari Padangpanjang. "Jumlah peserta TC dan seleksi tahap awal ada sekitar 150 orang, akan diseleksi menjadi 76 orang," ujarnya

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Ramadhani