BKSDA Resort Agam Pasang Spanduk Peringatan di Lokasi Kemunculan Buaya

Spanduk peringatan di Pantai Tiku
Spanduk peringatan di Pantai Tiku (Dokumentasi BKSDA Resort Agam)

AGAM , KLIKPOSITIF - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam memasang spanduk peringatan di lokasi kemunculan buaya di Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Rabu 3 Maret 2021.

Pengendali Ekositem Hutan BKSDA Resort Agam Ade Putra mengatakan, spanduk peringatan dipasang mengingat lokasi kemunculan buaya objek wisata yang selalu ramai dikunjungi.

baca juga: Bupati Agam Sebut 5 Pekerjaan Rumahnya, Termasuk Macet Padang Lua

"Melalui pemerintah dan tokoh masyarakat, kami mengimbau masyarakat dan pengunjung, untuk tidak melakukan aktivitas berenang di sepanjang lokasi objek wisata," kata Ade Putra.

Selain itu, BKSDA Agam juga melakukan pemantauan di Pantai Tiku. "Kita sudah pantau di beberapa titik sampai pukul 22.00 WIB kemaren, tapi buaya tidak terlihat lagi," ujarnya.

Dijelaskan Ade, buaya tersebut diduga hanya melintas. Namun demikian, Ade meminta masyarakat tetap waspada.

Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara Weri Ikhwan sebelumnya mengatakan, buaya dilaporkan terlihat pada Selasa 2 Maret 2021 di sepanjang Pantai Tanjung Mutiara. Titik pertama, buaya terlihat Pantai Gasan Kaciak sekitar pukul 14.00 WIB.

baca juga: Tembus Perbatasan, Dikdukcapil Agam Terbitkan 630 Dokumen

Kemudian, sekitar pukul 15.30 WIB, biaya muncul di Bandar Mutiara. Sorenya sekitar pukul 18.00 WIB, buaya terlihat di Pantai Pasia Tiku.

Dijelaskan, buaya yang muncul tersebut, diperkirakan berukuran 1,5 sampai 2 meter, namun kondisi buaya tersebut terlihat kelelahan atau tidak agresif.

baca juga: Warga Cangkiang Gotong Royong Bersihkan Komplek Makam Regent Agam Tuo

Editor: Rezka Delpiera