Bukittinggi Terus Dorong Hotel dan Restoran Peroleh Sertifikasi CHSE

Walikota Bukittinggi, Erman Safar
Walikota Bukittinggi, Erman Safar (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Bukittinggi terus dorong hotel dan restoran peroleh sertifikasi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) (CHSE) yang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, pihaknya terus melakukan itu dengan mengimbau pengelola melakukan itu. "Kita sudah engimbau dan terus mendorong mereka untuk melakukan ini. Karena ini juga merupakan nilai jual bagi mereka," katanya saat melakukan temu media saat acara insentif perjalanan dengan Kemenparekraf , Rabu, 3 Maret 2021 lalu.

baca juga: BPH Migas: Aspirasi Andre Rosiade Berbuah Kenaikan Kuota BBM Bersubsidi di Sumbar

Ia mengatakan, hingga saat ini sudah ada sepuluh hotel dan satu restoran yang telah memperoleh sertifikasi tersebut. "Walaupun sulit dalam penerapannya, namun kita terus mendorong mereka untuk melakukannya. Selain itu, ini juga memacu mereka agar tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," terangnya.

Dikatakan Erman, untuk memperoleh sertifikasi CHSE ini juga sangat erat kaitannya dengan teknologi. "Kekuatan kita disitu, sehingga saat pandemi seperti ini, sertifikasi ini sebagai upaya dalam meyakinkan masyarakat bahwa kita siap menerima wisatawan di masa pandemi," jelasnya.

baca juga: Jam Gadang, Peninggalan Hindia - Belanda, Kini jadi Magnet Pariwisata Bukittinggi

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Supadria mengatakan, pihaknya mendorong kepada semua pihak untuk mengantisipasi jika ini nantinya sebagai syarat penerima dana hibah.

"Kita menjaga-jaga jika nantinya ini disyaratkan untuk menerima dana hibah, walaupun selama ini tidak disyaratkan, tapi kita jaga-jaga juga buat ini," jelasnya.

baca juga: Sandiaga Uno Minta Andre Rosiade Borong Sanjai Bukittinggi untuk Prabowo dan Dasco

Sementara itu, perwakilan dari Kemenparekraf berharap seluruh tempat wisata, hotel dan restoran di Kota Bukittinggi memperoleh sertifikasi CHSE. "Kita berharap Bukittinggi bisa lebih cepat memperoleh sertifikat CHSE," kata Emilda.

Editor: Fitria Marlina