Jokowi: Indonesia Harus Bergeser dari Ekonomi Berbasis Komoditi Menuju yang Berbasis Inovasi dan Teknologi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia diberikan anugerah sumber daya alam yang melimpah dari Tuhan. Hal ini patut disyukuri.

Jokowi menuturkan, suber daya alam yang diberikan tersebut harus dijaga dengan baik.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

"Wajib menjaganya dan memanfaatkannya secara bijak untuk kesejahteraan masyarakat untuk kesejahteraan rakyat kita," ujar Jokowi dalam pembukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Sumber daya alam Indonesia kata Jokowi, tidak akan bermanfaat untuk rakyat jika tak ada penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang bijak.

baca juga: Umar Patek Terima Remisi Lebaran: Alhamdulillah

"Tanpa penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang bijak, anugerah tersebut tidak akan memberikan manfaat yang maksimal untuk rakyat," ucap dia

Kekinian kata Jokowi, harus bergeser dari ekonomi yang berbasis komoditi, menuju ekonomi yang berbasis inovasi dan berbasis terknologi.

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

"Kita harus meningkatkan kapasitas kita sebagai produsen teknologi , harus meningkatkan kedaulatan teknologi kita," tutur Jokowi.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta para peneliti, para inovator, dan industriawan Indonesia untuk bekerja sama mengembangkan teknologi masa depan. Teknologi tersebut kata Jokowi, harus berbasis revolusi industri jilid 4 teknologi hijau.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

"Semuanya harus bekerja bersama-sama mengembangkan teknologi masa depan, teknologi berbasis revolusi industri jilid 4, teknologi hijau yang ramah lingkungan teknologi yang mensejahterakan rakyat kita," katanya.

Editor: Eko Fajri