Sudah Dibuka, Ini Portal Resmi Seleksi ASN Tahun 2021

ilustrasi
ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF - Seleksi Aparatur Sipil Negara ( ASN ) tahun 2021 ini akan diselenggarakan secara paralel, meliputi seleksi Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ).

Pendaftaran seleksi ASN tahun 2021 dapat dilakukan melalui portal remi terintegrasi yakni Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN). Ya, Anda benar, portal resmi seleksi ASN tahun 2021 dan prosedur tesnya sudah dirilis.

baca juga: Terbanyak dalam Sejarah, Pemerintah Bakal Buka 1,2 Juta Formasi CPNS

Rincian Mengenai Portal Resmi Seleksi ASN Tahun 2021

Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat ini tengah mengembangkan paltform pendaftaran terintegrasi melalui purtal untuk mengakomodir rangkaian pendaftaran seluruh seleksi ASN . Pendaftaran online untuk seleksi ASN yang disediakan dalam portal SSCASN dibagi menjadi 3 paltform utama.

baca juga: Pemerintah Larang ASN dan Keluarga Mudik, Ini Bunyi Aturannya

- Sistem Seleksi CPNS (SSCN)

- Sistem Seleksi CPNS melalui Pendidikan Kedinasan (SSCN DIKDIN)

baca juga: Rekrutmen CPNS Pemprov Sumbar 2021 untuk Tenaga Kesehatan, Guru dan Teknis

- Sistem seleksi PPPK (SSP3K)

Pengolahan hasil seleksi juga diintegrasikan ke dalam portal seleksi ASN tahun 2021yang dapat diakses melalui https://sscasn.bkn.go.id.

baca juga: Kemenag Dorong Diterbitkannya Perpres Zakat bagi ASN

Selanjutnya SSCASN juga diintegrasikan dengan data NIK di Dukcapil sebagai data awal pendftaran. Begitupula dengan pelamar formasi Guru, SSCASN akan terintegrasi dengan pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk validasi yang terdata pada Dapodik yang dikelola Kemdikbud.

Sementara untuk pelamar formasi Tenaga Kesehatan, SSCASN akan terintegrasi dengan data Surat Tanda Registrasi (STR) atas kerja sama BKN dengan Kemenkes. Sedangkan terkait dengan pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri, BKN bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan ujian di 15 negara.

Editor: Eko Fajri