3.300 Guru Ikuti IMTC, Wabup Pasbar: Kualitas Guru Harus Ditingkatkan

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam acara IMTC memberikan penghargaan kepada wartawan pemerhati pendidikan Junir Sikumbang
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam acara IMTC memberikan penghargaan kepada wartawan pemerhati pendidikan Junir Sikumbang (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) menggelar seminar bertaraf nasional secara virtual. Acara tersebut diikuti sebanyak 3.300 orang guru di daerah itu.

Dalam kegiatan Indonesia Millenial Teacher Center (IMTC) yang bekerjasama dengan PGRI, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Kemenag Pasaman Barat ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai sejak Kamis 18 Maret sampai 20 Maret 2021.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Materi sebagai guru milenial disampaikan oleh Pemateri dari Dosen Universitas Negeri Padang (UNP), penulis buku Munif Chatib di pandu oleh Mr Herdinalsky. Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan untuk menghadirkan guru yang hebat, bermartabat dan berprestasi itu memang harus dimulai dari guru yang milenial serta guru yang mampu untuk mengikuti zaman.

"Sekarang guru sudah milenial, guru sudah harus mengupdate ilmunya. Melalui seminar ini salah satu untuk menambah ilmu pengetahuan bagi guru ," sebut Risnawanto, Jumat (19/3/2021).

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Menurutnya zaman terus mengalami perubahan. Untuk itu pola mengajar guru juga harus berubah. Kata dia, dirinya bersama bupati akan terus berusaha meningkatkan kualitas dunia pendidikan didaerah itu." Guru di daerah kita sudah milenial, namun perlu ditingkatkan lagi. Pelajaran Daring dan Luring selama di masa pandemi menuntut guru untuk mengikuti teknologi," katanya.

"Keberhasilan anak didik tidak terlepas dari guru yang baik. Jika gurunya sudah baik, sudah bermartabat, sudah berprestasi maka anak didiknya akan begitu juga," sambungnya menegaskan.

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Ia juga mengungkapkan akan merangkum guru siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan dan apresiasi. Bagi guru akan diajak untuk study banding, sedangkan siswa akan diberikan hadiah.

"Ini sebagai bentuk motivasi kepada guru dan murid untuk terus berprestasi. Karena Pasaman Barat pernah mendapatkan peringkat lima besar se Sumatera Barat," kenangnya.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Petugas Perbatasan Tegas Cegat Pemudik

Sementara Ketua PGRI Pasbar Maulana Lubis mengatakan kegiatan seminar sudah dirancang satu setengah bulan dan digelar selama tiga hari dengan peserta 3.300 siswa serta terkoneksi dengan jaringan.

"Peserta gurunya berasal dari TK, Paud, SD, SMP, dan SLTA di bawah dinas pendidikan dan di bawah Kemenag Pasaman Barat. Kami berharap dengan kegiatan ini bisa memotivasi guru untuk lebih baik lagi ke depan," katanya.

Dalam acara tersebut Pemerintah Pasaman Barat memberikan penghargaan kepada 7 orang penggagas IMTC tersebut yakni Hardinalsky Founder IMTC Hardinalsky , Kakan Kemenag Pasbar M Nur, Ketua PGRI A Maulana Lubis, Fajri Yustian, Kadis Pendidikan Pasbar Marwazi, PWI Sumbar Syaiful Husen dan Wartawan Pemerhati pendidikan Junir Sikumbang.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani