BPJamsostek Bukittinggi Jalin Kerja Sama dengan RSUD Adnaan WD Payakumbuh

Proses penandatanganan kerja sama antara BPJamsostek Bukittinggi dengan RSUD Adnaan WD Payakumbuh.
Proses penandatanganan kerja sama antara BPJamsostek Bukittinggi dengan RSUD Adnaan WD Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bukittinggi menjalin kerjasama dengan RSUD Dr Adnaan WD Payakumbuh . Rumah sakit kebanggaan Kota Randang itu resmi menjadi salah satu Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

Dengan kerjasama itu, kini setiap pasien yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek dan menjalani rawatan di RSUD Dr Adnan WD biayanya ditanggung oleh BPJamsostek.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

"Penandatanganan kerjasama secara simbolis telah dilakukan pada 9 Maret 2021 lalu. Pihak RS diwakili oleh Direktur dan jajaran, sementara dari BPJamsostek disaksikan oleh Pimpinan BPJamsostek Bukittinggi beserta Kantor Cabang Perintis Payakumbuh Lima Puluh Kota," ujar Kepala Cabang BPJamsostek Bukittinggi, Ocky Olivia, Jumat (19/3/2021).

Sebagai salah satu PLKK, maka RSUD Dr Adnaan WD sudah dapat melayani peserta BPJamsostek yang mengalami kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK).

baca juga: Tiga Pemudik Asal Payakumbuh Hanyut Saat Mudik Lebaran, Pencarian Korban Akan Dilanjutkan Pagi Ini

"Selain menandatangani kerjasama, kepada jajaran pimpinan rumah sakit juga sudah disosialisasikan alur pelayanan termasuk prosedur pencairan klaim biayanya," jelas Ocky.

Ditanyakan apa yang ingin dicapai kedua belah pihak dengan kerjasama ini, Ocky menjawab adanya peningkatan kualitas pelayanan kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Penyakit AKibat Kerja (PAK).

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

"Terciptanya kerjasama yang baik, diharapkan meningkatkan kebermanfaatan peran kedua instansi (BPJS Ketenagakerjaan dan RSUD Dr Adnaan WD bagi masyarakat Kota Payakumbuh dan sekitarnya," tambah dia.

Termasuk RSUD Dr Adnaan WD, kini BPJamsostek Bukittinggi telah memiliki 33 PLKK yang telah bekerja sama.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

"Sebelumnya baru ada 30 PLKK. Tahun ini ada tambahan 3 PLKK yang baru bekerjasama yaitu RSUD Dr Adnan WD, RS Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi, dan RS Madina," terang Ocky.

Ocky berjanji pihaknya akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada 33 PLKK yang sudah belerjasama tersebut. Selain itu pihaknya juga menyasar peningkatan jumlah PLKK tingkat Puskesmas.

"Program selanjutnya adalah pembinaan kepada PLKK untuk penguatan pemahaman terkait pelayanan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Kami juga akan melakukan perluasan PLKK Puskesmas di daerah pekerja yang belum terdapat pelayanan kesehatan RS," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat