Bupati Pessel Minta Distanhorbun Lebih Gesit Cari Bantuan Alat Pertanian dari Pemerintah Pusat

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menyerahkan Alsintan di Kantor Distanhorbun Pessel
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menyerahkan Alsintan di Kantor Distanhorbun Pessel (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) harus gesit mencari peluang bantuan pertanian di tingkat pemerintah pusat.

Hal ini, disampaikan Rusma Yul Anwar saat menyerahkan 10 unit power thresher bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada 10 kelompok dan gabungan kelompok tani, di Kantor Distanhorbun setempat, Kamis 8 April 2021.

Rusma Yul Anwar menyebut, bantuan alsintan merupakan salah satu bentuk implementasi dari visi dan misi dalam meningkat ekonomi dari sektor pertanian. Sehingga, dengan itu Distanhorbun harus lebih gesit lagi mencari peluangnya. Karena alat ini sangat dibutuhkan oleh petani.

"Saya meminta Distanhorbun lebih gesit lagi untuk melihat peluang-peluang yang dapat kita raih di kementerian terkait. Untuk itu segera inventarisir kebutuhan yang kita perlukan untuk para petani kita," ungkapnya sela penyerahan bantuan.

Sementara itu, terkait pemanfaatan alsintan, Bupati mengharapkan para kelompok tani bisa menggunakan sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan. Bukan hanya memanfaatkan untuk kepentingan pribadi saja, tapi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok dan membantu petani.

"Selanjutnya, kelompok tani yang menerima bantuan agar merawat alsintan itu dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan bersama kelompok,"terangnya.

Kesempatan itu, Kepala Distanhorbun Pessel, Nuzirwan menyampaikan, bantuan periode awal tahun ini merupakan bantuan yang didapat Satker Kementerian yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Bantuan disalurkan berdasarkan proposal yang diajukan oleh kelompok tani, Gapoktan dan kelompok UPJA.

"Alhamdulillah pada bulan Februari kemarin kita mendapat 2 unit power thresher multiguna dan saat ini ditambah 10 unit lagi," ujarnya.

Ia berharap, alsintan power thresher atau mesin perontok padi yang diterima 10 Poktan dan Gapoktan mempermudah petani dalam melakukan olahan. Selain itu, juga diharapkan berdampak baik terhadap hasil produksi panen dan memiliki mutu yang baik.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri