Target Vaksinasi Kepulauan Mentawai Belum Sentuh 50 Persen

ilustrasi vaksin sinovac
ilustrasi vaksin sinovac (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Realiasasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumbar masih belum menyentuh angka 50 persen. Dari 13 ribu lebih dosis, yang disuntikkan baru sebanyak 5 ribu dosis saja.

"Total vaksin yang kami terima sejak awal program vaksinasi sebanyak 13.880 dosis dan yang sudah kami suntikkan sebanyak 5 ribuan dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai , Lahmuddin Siregar.

baca juga: Ada Kasus Kematian, Brasil Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Untuk Ibu Hamil

Menurutnya, Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menerima empat kali pengiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah 13.880.

"5 ribu dosisi yang kami suntikkan itu sudah untuk tenaga kesehatan, TNI, Polri, aparatur sipil negera (ASN) dan lansia," lanjutnya.

baca juga: Peneliti Ungkap Vaksin Pfizer dan Moderna Berpotensi Ampuh Lawan Varian Corona India

Dengan kondisi tersebut, saat ini Kabupaten Kepulauan Mentawai masih memiliki stok vaksin Covid-19 mencapai 8 ribu dosis lebih yang belum digunakan.

"Untuk stok vaksin yang itu saat ini telah kami sebar ke 15 puskesmas, dan satu rumah sakit umum daerah," lanjutnya.

baca juga: Kasus Positif Meningkat, Sumbar Gencar Vaksinasi Menjelang Lebaran

Menurutnya, masih kendala yang dihadapi untuk memberikan vaksinasi tersebut adalah keadaan geografis di Kabupaten Kepulauan Mentawai .

"Kondisi geografis wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai ini kan tidak sama dengan daerah lain, jadi akses pemberian vaksin tidak bisa secepat daerah lainnya," katanya

baca juga: Realisasi Anggaran Vaksin Covid-19 Telah Capai Rp6,92 Triliun

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi