Kasus Positif COVID-19 di Tanah Datar Tercatat 1.313 Orang, Warga Diminta Sukseskan Vaksinasi

Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF -- Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Tanah Datar sampai hari ini sebanyak 1.313 orang, sementara pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 1.178 orang.

"Hari ini ada 1 orang penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Tanah Datar , total keseluruhan sebanyak 1.313 kasus. Sementara pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.178 orang," ucap Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Senin 12 April 2021.

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

Meski demikian, Roza tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari. "Mari bersama lawan COVID-19 dengan selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," ucap Roza.

Ia mengharapkan agar masyarakat Tanah Datar dapat menyukseskan program vaksinisasi sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Vaksinasi merupakan salah satu langkah dan upaya menciptakan imun tubuh agar terputus penyebaran COVID-19.

baca juga: Sentil Para Buzer, Rocky Gerung: Apakah Ini yang Disebut Sebagai Revolusi Mental?

"Ingat walaupun sudah divaksin nanti, protokol kesehatan tetap dipatuhi dalam beraktivitas keseharian," tutur Roza.

Dalam proses vaksinasi dilakukan calon yang akan divaksin melewati 4 rangkaian pemeriksaan. Tahap pertama mendaftar di meja I, kemudian pemeriksaan fisik dan wawancara riwayat kesehatan, setelah itu baru disuntik vaksin dan observasi pascavaksin selama 30 menit dan menerima kartu telah divaksin. Vaksin yang kedua akan dilakukan 14 hari ke depan.

baca juga: 2 Kali Lebaran Tidak Mudik, dr Tirta: Syukurilah yang Masih Bisa Sungkem ke Bapak Ibu

Data rekapan sampai hari ini, akumulasi kasus konfirmasi sebanyak 1.313 orang yang terdiri dari 2 orang dirawat di RS Unand Padang, 2 orang dirawat di RSOMH Bukittinggi, 1 orang dirawat di RSU Bunda BMC Padang, 1 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, 3 orang dirawat di RS Ibnu Sina Padang Panjang.

Kemudian, 3 orang dirawat di RSUD Padang Panjang, 4 orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar, 2 orang dirawat di RS Ibnu Sina Bukittinggi, 4 orang isolasi RSUD Padang Panjang, 65 orang isolasi mandiri, 1.178 orang sudah sembuh, 44 orang meninggal dunia, suspek 22 orang, dan probable 3 orang. (*)

baca juga: Hari Lebaran 8 Warga Tanah Datar Terkomfirmasi Positif Corona, Ini Pesan Bupati

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani