Uni Emirat Arab Umumkan Astronot Wanita Pertamanya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan astronot wanita pertama yang berpartisipasi dalam program luar angkasa.

Nora Al-Matrooshi, astronot perempuan Arab pertama berumur 28 tahun tersebut, diketahui lulusan teknik mesin dan bekerja sebagai insinyur di National Petroleum Construction Co. yang berbasis di Abu Dhabi.

Nora akan terlibat dalam proyek ini bersama astronot lainnya yaitu Mohammed Al-Mulla. Al-Mulla merupakan seorang pilot lelaki berusia 33 tahun yang bertugas di kepolisian Dubai dan mengepalai divisi pelatihan di sana.

baca juga: Gal Gadot Komentari Konflik Israel-Palestina, Warganet: Ironis Sampean Memerankan Tokoh Pahlawan dalam Film, di Dunia nyata?

Menurut penguasa Dubai Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, keduanya dipilih lebih dari 4.000 kandidat untuk misi eksplorasi luar angkasa di masa depan.

Dilansir dari DW, Rabu (14/4/2021), keduanya juga terpilih dalam Program Astronot UEA dan akan berangkat ke Texas untuk menjalani pelatihan di Johnson Space Center NASA.

baca juga: Biden Sebut Israel Berhak Bela Diri, Optimis Rentetan Kekerasan Segera Berakhir

"Kami mengumumkan astronot perempuan Arab pertama, di antara dua astronot baru, yang dipilih dari lebih dari 4.000 kandidat untuk dilatih bersama NASA untuk misi eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Selamat Noura Al Matrooshi dan Mohammed Al Mulla," tulis Al-Maktoum melalui akun Twitter @HHShkMohd pada 10 April.Menurut ABC News, Pusat Luar Angkasa Mohammed Bin Rashid mengatakan luar angkasa telah menjadi "hasrat sejak kecil" Al-Matrooshi. Ia juga mengatakan, mendapat inspirasi dari Hazzaa Al-Mansoori, yang menjadi astronot pertama UEA pada 2019, menghabiskan delapan hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sebelumnya pada Februari, UEA menjadi negara Arab pertama dan kelima di dunia yang mencapai Mars setelah meluncurkan misi Hope ke orbit Planet Merah. Misi tersebut diperkirakan akan menghabiskan dua tahun mengorbit Mars, mempelajari atmosfer planet, perubahan musim, dan mengambil gambar. Data tersebut akan dibagikan dengan komunitas ilmiah internasional .

baca juga: Idul Fitri, Mesut Ozil dan Mohamed Salah Unggah Masjid Al-Aqsa

Tak hanya itu, UAE juga menetapkan target ambisius untuk mendarat di Bulan pada 2024 dan membangun pemukiman manusia di Mars pada 2117.

Editor: Ramadhani