Dua Hari di Sumbar, Kepala BNPB Direncanakan Besok Resmikan Proyek Penanganan Abrasi Pantai di Padang

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama beberapa kepala OPD saat meninjau proyek abrasi pantai di Tugu Merpati
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama beberapa kepala OPD saat meninjau proyek abrasi pantai di Tugu Merpati (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Proyek penanganan abrasi pantai Padang telah selesai. Rencananya proyek dari Dana Siap Pakai (DSP) BNPB ini akan diresmikan Kepala BNPB Doni Monardo besok (15/4).

Rencana itu disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek penanganan transisi darurat ke pemulihan abrasi pantai Kota Padang, Suryadi kepada KLIKPOSITIF , Rabu, 14 April 2021.

baca juga: Pasca Banjir di Akabiluru, Ratusan Jiwa Terisolir dan Ternak Mati

"Rencana besok pagi, Pak Doni meninjau sekaligus meresmikan," ungkapnya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, Kepala BNPB dua hari ke depan berkegiatan di Sumbar. Hari ini sesampainya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) langsung zoom meting dengan Presiden.

baca juga: Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021, BPBD Payakumbuh Gelar Apel dan Latihan Evakuasi Bencana

Lalu pukul 15.00 WIB menuju Kota Pariaman melihat secara dekat penanaman hutan pantai yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu dan penanaman langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Seterusnya ke Lubuk Minturun melihat pembibitan hutan pantai. Kemudian besok paginya melihat penataan abrasi Pantai Padang . Setelah itu lanjut ke Pesisir Selatan memimpin rapat penanganan Covid-19 dan penanganan bencana alam ," terangnya.

baca juga: Pemko dan Warga Padang Salurkan Donasi Rp375 Juta untuk Bangun Masjid di Sulbar

Selain itu, Erman Rahman menjelaskan, pelaksanaan pengerjaan proyek penanganan transisi darurat ke pemulihan abrasi pantai Kota Padang di tiga titik tersebut menggunakan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB sebesar Rp 19 miliar.

Ia mengatakan pengerjaan proyek penanganan transisi darurat ke pemulihan abrasi di tiga titik di kawasan pantai Kota Padang tersebut bisa terwujud berkat komunikasi yang bagus Pemprov Sumbar dengan BNPB , dan dukungan berbagai pihak yang ikut berjuang untuk penanganan abrasi pantai di Padang mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

baca juga: Pendistribusian Bantuan 1,5 Ton Rendang Sukses, Pemprov NTT Apresiasi Masyarakat dan Pemprov Sumbar

"Penanganan kawasan Masjid Al Hakim dengan anggaran Rp 9,4 miliar, penanganan di kawasan Tugu Merpati Perdamaian Rp 5,9 miliar, dan kawasan Pasir Jambak Rp 3,7 miliar," jelasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir