Ternak Ayam Bangkok, Bisnis Menjanjikan, Harga Hingga Jutaan

Ayam Bangkok di Kandang Dadok Farm
Ayam Bangkok di Kandang Dadok Farm (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Beternak ayam Bangkok atau jenis ayam aduan sangat menjanjikan. Sebab jenis ayam aduan ini tidak memiliki standar harga, bahkan bisa jutaan, tergantung kualitas ayam .

Keberhasilan beternak ayam aduan ini tergantung jenis ayam yang dipilih dan dibudidayakan. Salah seorang peternak Samsul Bahri pemilik Kandang Dadok Farm akan mengurai keuntungan dari beternak ayam Bangkok.

baca juga: Pemprov Sumbar Buka Kran Investasi Indukan Sapi

"Saya sudah mulai sejak 15 tahun lalu, pernah ayam saya terjual empat juta seekor. Tetapi beternak tentu punya keuntungan dan resiko," ujar peternakan ayam Bangkok di Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang itu kepada KLIKPOSITIF , Minggu, 18 April 2021.

Kata Samsul, pasar ayam Bangkok di Sumatera Barat sangat banyak. Bahkan tidak hanya dalam daerah, ayamnya juga diminati sampai ke luar provinsi. Biasanya dibeli pecinta ayam untuk kontes ayam aduan.

baca juga: Waktu yang Tepat Memberi Pakan Ayam Bangkok Supaya Peternak Untung Banyak

"Kalau keluar daerah biasa dikirim melalui angkutan umum yang sudah langganan," katanya.

Harga ayam Bangkok berkisar dari Rp300 ribu hingga jutaan. Tergantung kualitas ayam , semakin bagus teknik bertarung ayam semakin mahal harga jual. Apalagi ayam memiliki pukulan yang keras sehingga tidak butuh waktu lama mengalahkan lawan dalam arena.

baca juga: Begini Cara Budidaya Maggot, Tips dari Indolarva Limapuluh Kota

"Namanya juga hobi, kadang pembeli tidak memperhitungkan harga, kalau mereka suka berapapun akan dibayar," ungkap Samsul.

Namun yang harus diperhatikan dalam beternak ayam Bangkok sehingga menghasilkan kualitas bagus menurut Samsul. Mulai dari pemilihan babon atau induk dan pejantan). Babon dan pejantan harus berkualitas baik untuk dikawin silang.

baca juga: Budidaya Maggot Dapat Mengurangi Sampah di TPA, DLH Provinsi Dorong Budidaya di Setiap Daerah di Sumbar

" Ayam harus jelas trahnya (keturunan). Bagus teknik bertarungnya baik induk maupun pejantan. Kemudian memiliki mental yang kuat, biasa banyak jenis seperti Bangkok, Burma, Philipin, Saigon, Magon, Pakoy dan jenis lainnya," terangnya.

Dilanjutkannya, beternak ayam Bangkok tidak perlu terlalu banyak, yang terpenting bibit, bobot dan bebet jelas. Ayam pada usia 8 bulan sudah bisa dijual, karena usia 8 bulan ayam sudah masuk masa remaja.

"Perawatan dari kecil juga harus diperhatikan, pemberian pakan dan penyortiran. Mana anakan yang bisa dipakai dan tidak, mana yang ayam tipe pukul dan jalu perlu disaring. Tidak semua anakan dibesarkan," jelasnya.

Kemudian, persiapan obat-obatan juga sangat penting. Sebab ayam jenis unggas yang mudah terserang penyakit, jika perlu ayam divaksinasi agar tahan dari wabah.

"Untuk pemula penting tahu ilmu bagaimana mendapatkan ayam berkualitas sehingga nilai jual tinggi. Kemudian cara pemberian pakan agar nafsu makan ayam tetap terjaga," tukasnya.

Catatan: bagian berikut diulas cara pemberian pakan ayam Bangkok agar untuk besar. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir