Pihak RSUP M Djamil Mulai Kewalahan Hadapi Pasien Covid-19, Ini Penyebabnya

ilustrasi
ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang mengaku mulai kewalahan dengan semakin banyaknya pasien Covid-19 yang dinyatakan dalam keadaan sedang hingga berat.

"Kami sebagai Rumah Sakit rujukan, saat ini lebih banyak menerima pasien-pasien dengan keadaan yang berat," kata Direktur SDM dan Umum RSUP M Djamil Padang, Dovi Djanas, Minggu Malam (18/4).

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

Ia mengatakan, pihaknya mulai kewalahan dengan keadaan tersebut karena semakin berkurangnya tenaga dan juga alat kesehatan di Rumah Sakit terbesar di Sumatera Barat itu.

"Tiga bulan kebelakang, kami masih bisa melakukan peralihan tenaga-tenaga yang merawat pasien-pasien Covid-19 yang berada di RSUP M Djamil ," lanjutnya.

baca juga: Umar Patek Terima Remisi Lebaran: Alhamdulillah

Dengan angkapositive rate mencapai 16 persendi Sumatera Barat, pihaknya mulai merasakan kekurangan-kekurangan seperti tenaga SDM hingga alat kesehatan .

"Yang jelas kami terus menerima rujukan-rujukan. Meskipun sejak dua hari belakangan ini kami memposisikan pasien di ruangan tersebut dengan keadaan yang tidak ideal," lanjutnya.

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

Ia mengatakan, pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Barat untuk membahas keadaan yang terjadi saat ini.

"Kalau diperhatikan, keadaan seperti yang terjadi di RSUP M Djamil Padang juga terjadi di Rumah Sakit lainnya. Nanti akan kami bahas seperti apa strategi untuk menghadapi keadaan ini," tutupnya.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri