Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Jadi Peserta MTQ di Tingkat Kejorongan

Bupati Pasbar Hamsuardi jadi peserta MTQ
Bupati Pasbar Hamsuardi jadi peserta MTQ (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wakil Bupati Pasaman Barat , Risnawanto menjadi peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ). Acara itu digelar untuk menyemarakkan ramadan.

MTQ Ke-I yang digelar oleh jemaah Masjid Nurul Huda di Jorong Jambak Selatan ini, digelar selama 10 hari yang telah dimulai dari Rabu (21/4). Ada sebanyak 210 orang peserta dalam MTQ tersebut.

baca juga: Peduli Lingkungan, Pemuda Maligi Bebaskan Sungai dari Sampah Plastik

" MTQ pertama ini sangat istimewa bagi kami. Dari 210 orang pesertanya, ada Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat ," sebut Ketua Panitia MTQ , Suharjo Lubis, Minggu (25/4/2021).

Adapun cabang yang diperlombakan yakni cabang MTQ tingkat anak-anak, tingkat dewasa dan tingkat lansia. MTQ juz 30 untuk anak-anak, dan Surat Yasin untuk umur 30 tahun ke atas.

baca juga: Rehabilitasi Terumbu Karang, Seribu Miniatur Rumah Gadang Bakal di Tanam di Laut Pasbar

Selain itu kata Suharjo, pihak nya juga akan memberikan hadiah khusus yang telah dipersiapkan untuk Dusun didaerah setempat yang paling banyak mengutus khafilah nya.

"Bupati Hamsuardi mengikuti lomba Hafidz Surat Yasin, sedangkan Wakil Bupati Risnawanto ikut lomba MTQ lanjut usia. Pada awal pembukaan kemarena Bupati Hamsuardi yang langsung menjadi peserta pertama," katanya.

baca juga: Partai Ummat Minta Pemda Pasbar Jangan Bertumpu Pada APBD Semata, Ini Alasannya

Menurutnya MTQ dirancang oleh pengurus masjid untuk menyemarakkan malam-malam ramadan bersama Al Qur'an. Kegiatan murni dari inisiatif pengurus Masjid, Wali Nagari, Jorong, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Sementara Wakil Bupati Pasaman Barat , Risnawanto mengatakan meski MTQ yang dilaksanakan dalam tingkat kejorongan bisa mencari bibit unggul untuk MTQ tingkat selanjutnya.

baca juga: Hari Ini 43 Personil Polres Pasaman Barat Menjalani Swab Tes PCR

"Ini bisa menjadi salah satu ajang mencari bibit unggul Khafilah MTQ Pasaman Barat untuk nantinya di MTQ tingkat provinsi nantinya. Ini satu langkah bagus yang patut didukung," katanya.

Ia juga mengungkapkan di dalam kegiatan tersebut banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya membumikan AlQur'an.

"Di bulan suci ramadan ini, membaca AlQur'an akan mendapatkan pahala yang berlimpah," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi