Catat, Suket Domisili Tidak Berlaku pada PPDB Online SMA Sederajat Sumbar 2021

Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri
Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pendidikan Sumatera Barat akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) online SMA, SMK dan sekolah bersama pada Juni 2021. Namun untuk kesiapan Disdik Sumbar melaksanakan uji coba pada 3 hingga 5 Mei 2021.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB Sumbar 2021 tidak lagi menggunakan surat keterangan domisili, namun diganti dengan Kartu Kelurga (KK) satu tahun terhitung sejak pendaftaran.

baca juga: Ombudsman Sumbar Ingatkan Penyelenggara: Website PPDB Jangan Sampai Down

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Alfikri menyampaikan, berkaca pada PPDB sebelumnya, surat keterangan domisili ini menjadi persoalan dan menuai protes.

"Tahun ini tidak kami pakai lagi, diganti dengan KK setahun. Ketentuan domisili dibuktikan lewat alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sejak pendaftaran PPDB ," terangnya, Senin, 3 Mei 2021.

baca juga: Jadwal PPDB Online SMA, SMK dan Sekolah Bersama di Sumatera Barat

Perbedaan lain, zonasi tahun ini menggunakan zonasi kelurahan yang disepakati oleh kabupaten dan kota. Adib melanjutkan, jalur penerimaan sama dengan tahun sebelumnya yakni melalui zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua dan prestasi. Namun untuk zonasi tahun ini menggunakan zonasi kelurahan dan Durant keterangan domisili tidak berlaku lagi.

"Secara teknis sama, hanya ada beberapa langkah yang dipersingkat supaya calon siswa tidak bingung," ujarnya

baca juga: Puluhan Guru Swasta Datangi DPRD Padang Terkait PPDB

Sementara itu Ketua Pelaksana PPDB SMA SMK dan Sekolah Bersama sekaligus Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Suindra menyampaikan, Sumbar memiliki daya tampung sekitar 75 ribu orang di lebih 400 SMA dan SMK di Sumbar. Sementara siswa SMP sederajat yang lulus tahun ini sebanyak 97.152 siswa. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir