Program PUPR, 9 Desa di Pariaman Terima Bantuan Rp300 Juta

Genius Umar saat buka program Kotaku
Genius Umar saat buka program Kotaku (Kominfo Pariaman)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Program padat karya bantuan dari Kementerian PUPR RI untuk Kota Pariaman telah disalurkan pada sembilan desa yang menjadi sasaran kegiatan padat karya tahun anggaran 2021.

Perihal itu, Walikota Pariaman , Genius Umar mengatakan, program padat karya saat ini atau Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dilakukan di Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

"CFW Program Kotaku atau padat karya bantuan dari Kementerian PUPR RI ini bertujuan untuk memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat, yang terdampak Covid-19, sehingga mereka kehilangan pendapatan," ungkap Genius Umar, Selasa 4 Mei 2021.

Dikatakannya, dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda negara dan daerah menyebabkan banyak anggaran DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus) yang berasal dari pusat dipotong.

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

"Sehingga dengan anggaran yang terbatas, tentu tidak banyak program yang bisa kita buat di daerah," sebut Genius.

Genius juga menuturkan, CFW Kotaku dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat Kota Pariaman .

baca juga: Wagub Sumbar Minta Petugas Perbatasan Tegas Cegat Pemudik

"Masing-masing desa mendapatkan alokasi dana lebih kurang sebesar Rp. 300 juta, bahkan ada satu desa yang mendapat alokasi dana sebesar Rp. 1 miliar," ungkap Genius Umar.

Kegiatan CFW Kotaku ini lebih besar untuk upah para pekerja, dimana persentasenya diatas 60 persen dari alokasi dana yang diberikan untuk tiap desa .

baca juga: Besok, Mensos Tri Rismaharini Dikabarkan Kunjungi Korban Longsor di Solsel

"Kita akan terus melobi ke pemerintah pusat untuk meminta tambahan kuota kegiatan CFW program Kotaku ini untuk desa -desa lainnya yang ada di Kota Pariaman , sehingga akan banyak masyarakat kita mendapatkan penghasilan, sebagai pendongkrak perekonomian," jelas Genius Umar.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani