Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Bantuan beras untuk korban banjir di Rahul Tapan Pessel
Bantuan beras untuk korban banjir di Rahul Tapan Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar menginstruksikan Dinas Pangan mengirimkan 10 ton beras untuk membantu ketersediaan pangan warga yang terdampak banjir di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan.

Menurutnya, selain mengupaya bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), pemerintah daerah juga terus mengupayakan percepatan normalisasi Batang Tapan, sehingga persoalan banjir dapat diatasi.

baca juga: Raih Akreditasi Nasional, SDN 10 Painan Timur Akan Buat Pepustakaan Digital

Hal itu, sudah dikoordinasikan dengan Pemprov dan pemerintah pusat. "Untuk membantu korban banjir , kami telah kirim 10 ton beras. Jangan sampai terjadi kekurangan pangan di sana. Saya sudah perintahkan kepala dinas," ungkap Rusma, di Painan, Rabu 12 Mei 2021.

Banjir kembali terjadi di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Sungai Batang Tapan tak mampu menampung luapan air akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Minggu, 10 Mei 2021.

baca juga: Ini Nama-nama Calon Sekda Pessel, 1 Diantaranya dari Kota Pariaman

Kondisi terparah terdapat di Nagari Limau Purut dan Talang Balarik, Binjai dan Nagari Kampung Tangah. Banjir mengakibatkan 1.024 buah terendam. 2 rumah rusak berat, 3 hanyut dan 11 buah fasilitas umum rusak.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pangan, Alfis Basyir menyampaikan pihaknya sudah menyediakan 10.2 ton beras untuk 1024 Kepala Keluarga (KK) korban banjir di Kecamatan Rahul Tapan.

baca juga: Rapat Paripurna DPRD, Pemkab Pessel Jelaskan Ini Soal Turunnya PAD dan Kesehatan Gratis

Dikatakan, tahap pertama hari ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Sosial PP & PA sudah mengirimkan enam ton beras, sisa akan dilanjut besok harinya.

"Pengiriman beras tersebut, bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak," katanya.

baca juga: Pendaftaran Ditutup, Peserta yang Berminat Jadi Sekda Pessel Hanya 7 Orang

Ditambahkan, dengan adanya pengiriman beras ini diharapkan dapat meringankan beban korban, setidaknya guna memenuhi kebutuhan selama banjir . "Semoga dapat meringankan korban banjir ," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani