Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

Temukan Tas Hitam di Sungai, Ini Kata Tim SAR Basarnas 50 Kota
Temukan Tas Hitam di Sungai, Ini Kata Tim SAR Basarnas 50 Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Pencarian 3 orang pemudik yang hilang akibat sampan terbalik di sungai Batang Kapur, Taluak Subanio, Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota pada Rabu 12 Mei 2021 masih belum membuahkan hasil. Hingga hari kedua pencarian, Tim SAR Gabungan yang juga telah dibantu Tim SAR Pekanbaru, belum bisa menemukan ketiga korban yang diduga hanyut karena aliran sungai yang cukup deras.

Namun, saat melakukan pencarian dengan menyusuri sungai, salah satu tim menemukan sebuah tas hitam. Kemudian Tim SAR Gabungan langsung mengamankan dan membuka isi tas sandang belakang yang ditemukan tersebut.

baca juga: Kebaya Encim Karya Putra Luak Limopuluah, Megi Efriater Mentas di HUT DKI

"Tas ini ditemukan lokasi pencarian dekat ke Tanjung. Isinya ada obat-obatan yang masa berlakunya telah habis atau expired. Kemudian Tim SAR langsung koordinasi dengan keluarga korban yang hilang," kata Robi Saputra, Koordinator Pos SAR Basarnas 50 saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis 13 Mei 2021 sore.

Robi menjelaskan bahwa pihaknya telah bertanya kepada pihak keluarga yang telah berada di Posko Damkar. Kemudian jawaban dari pihak keluarga, tas tersebut bukan milik keluarganya yang masih dalam pencarian.

baca juga: Bupati Pessel Minta Seluruh OPD Segera Tuntaskan Proses Seluruh Pelaksanaan Kegiatan 2021

"Tadi sempat ditanykan kepada pihak keluarga yang ada di Posko Damkar Dan ternyata nihil," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan hingga pukul 17.25 WIB, Ops SAR gabungan Kapur IX di tutup sementara dengan hasil nihil.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Siswa Di Solsel Dapat Seragam Gratis

Lebih lanjut, untuk pencarian dihari kedua pasca kejadian ini, melibatkan Basarnas 50 Kota, Damkar Kabupaten 50 Kota, Polsek kapur IX, RAPI, PMI Kabupaten 50 Kota, Kecamatan Kapur IX dan Kenagarian Kapur IX, Puskesmas Muaro Paiti, ORARI, dan masyarakat.

"Selain itu, Kami juga melibatkan Basarnas Pekanbaru, Dinsos Riau dan BPBD Riau, KSB Nagari Kapur IX dan KSB Nagari Tanjung Riau, BRT serta Dotcom Bukittinggi dan Media," ujar Koordinator Pos SAR Basarnas 50.

baca juga: Ibadah Haji Tahun Ini Batal, Pemerintah Fokus untuk Haji Tahun Depan

Sebelumnya, diberitakan bahwa 4 pemudik nekat menggunakan jalur sungai dengan menumpang atau menyewa sampan milik warga agar bisa pulang kampung ke Sumbar. Namun naas, sampan bermuatan enam orang ini terbalik dan membuat 4 penumpang dan 2 pemilik sampan jatuh dalam sungai.

Dilaporkan 3 orang selamat yaitu pemilik sampan 2 orang dan satu orang pemudik atas nama Rahman Rahim (21 tahun). Ia merupakan warga Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh .

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri