Segera Pensiun, Posisi Doni Monardo Sebagai Kepalan BNPB Diganti

Doni Monardo
Doni Monardo (net)

KLIKPOSITIF - JabatanDoni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) bakal segera digantikan. Pasalnya Doni akan memasuki masa pensiun sebagai Letjen TNI aktif sehingga tak bisa lagi menjabat di BNPB .

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Doni Monardo akan pensiun pada 1 Juni 2021, sementara jabatan Kepala BNPB harus diisi oleh perwira tinggi aktif. "Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti perwira tinggi TNI yang aktif," kata Hadi kepada wartawan, Selasa (25/5/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 111 Miliar

Sebagai gantinya, Hadi menunjuk Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito untuk menjadi Kepala BNPB . Rencananya, Ganip Warsito akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Selasa (25/5/2021) pagi ini.

Diketahui, Doni Monardo telah menjabat Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019 menggantikan Laksda Purn. Willem Rampangilei. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985 itu langsung dihadapi dengan sejumlah bencana alam seperti Gempa Palu hingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

Tak lama kemudian, Pandemi Covid-19 datang sehingga ia harus merangkap menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sejak Maret 2020. Dalam karier kemiliteran, Doni pernah bertugas sebagai Pangdam Siliwangi, Pangdam Pattimura, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, hingga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Editor: Ramadhani