Dugaan Penyelewengan Dana Pokir, Polres Padang Telah Periksa 115 Saksi

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG , KLIKPOSITIF - Kepolisian Resor Kota Padang telah memeriksa 115 orang saksi atas dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana pokok pikiran (pokir) anggota dewan di Kota Padang .

"Dari 115 orang tersebut, salah satunya adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang ," kata Kapolresta Padang , Kombes Pol Imran Amir, Sabtu 19 Juni 2021.

baca juga: Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Jadwal Penjemputan Sampah Medis Tidak Ditambah

"Yang bersangkutan sudah kami periksa kemarin, Jumat 15 Juni 2021 dan kami sudah mengumpulkan semua bukti," sambungya.

Menurutnya, saat ini pihaknya akan mendalami kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut terlebih dahulu, sebelum melanjutkannya ke proses penyidikan.

baca juga: Vaksinasi Ketiga di RSUP M Djamil, 350 Nakes Belum Bisa Divaksin

"Nanti kami akan melakukan gelar perkara terlebih dahulu, setelah itu baru kami akan melanjutkan ke proses penyidikan," katanya.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang menduga terjadinya dugaan penyelewengan anggaran pokir.

baca juga: RSUP M Djamil Padang Lakukan Vaksinasi Ketiga

Berdasarkan laporan, dugaan penyelewengan dana tersebut mencapai Rp 500 ribu per orang yang terjadi di wilayah daerah pemilihannya masing-masing.

Dana pokir tersebut diberikan kepada 80 orang. Masing-masingnya diberikan uang sebesar Rp1,5 juta. Namun yang bersangkutan meminta kembalian Rp 500 ribu perorang.

baca juga: Pemerintah Berencana Pindahkan Lokasi Tes CPNS Padang 2021 dari Kampus UPI ke Balai Kota, Ini Alasannya

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi