BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

Kepala BPBD Kota Padang, Barlius
Kepala BPBD Kota Padang, Barlius (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang menyebut shelter Pasar Raya Padang paling aman dari bencana tsunami .

Hal tersebut dinyatakan karena setiap tahun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) iti selalu melakukan penilaian terhadap gedung yang layak dijadikan shelter.

baca juga: Soal Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Tenaga Kesehatan

Kepala BPBD Kota Padang , Barlius mengatakan, bangunan Blok I, II, III, dan IV Pasar Raya Padang merupakan bangunan paling aman untuk mitigasi bencana tsunami .

"Bangunan Pasar Raya mendapatkan nilai tertinggi saat kami melakukan pengecekan struktur bangunan untuk shelter," katanya.

baca juga: Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Jadwal Penjemputan Sampah Medis Tidak Ditambah

Menurut Barlius, bangunan Pasar Raya Padang telah dirancang tahan gempa dan dapat dijadikan shelter untuk tsunami sejak awal pembangunan.

"Bangunan Pasar Raya yang rubuh saat gempa 30 September 2009 lalu dan telah diperbaiki sepenuhnya dan dirancang untuk tahan dari bencana sesuai aturannya," katanya.

baca juga: Vaksinasi Ketiga di RSUP M Djamil, 350 Nakes Belum Bisa Divaksin

Ia mengatakan, untuk gedung tinggi lainnya yang dapat diperuntukan sebagai shelter seperti sekolah, dan hotel masih membutuhkan penguatan atau pembenahan.

"Shelter di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 9 masih belum terlalu kokoh dan untuk menahan tsunami , dibutuhkan bangunan yang sangat kokoh," lanjutnya.

baca juga: RSUP M Djamil Padang Lakukan Vaksinasi Ketiga

Menurutnya, pihaknya telah mengusulkan bantuan ke BNPB untuk dapat membangun tambahan dua shelter yang akan dibangun di Purus dan Padang Sarai.

"Karena keterbasatan anggaran yang dialihkan untuk penangan Covid-19 sehingga tidak ada bantuan pembangunan shelter pada tahun ini," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani