Yakinkan Masyarakat Untuk Divaksin Covid-19, Saut Paul Pasaribu Babinkamtibmas Polsek Sangir Jujuan dapat Penghargaan di Hari Bhayangkara ke 75

Aipda Saut Paul Pasaribu Menerima penghargaan dari Polres Solsel diserahkan oleh Kajari Solsel Muhammad Bardan dalam acara HUT Bhayangkara ke 75 di Mapolres Solsel
Aipda Saut Paul Pasaribu Menerima penghargaan dari Polres Solsel diserahkan oleh Kajari Solsel Muhammad Bardan dalam acara HUT Bhayangkara ke 75 di Mapolres Solsel (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Peringatan Hari ulang tahun Bhayangkara ke 75 terasa spesial bagi Aipda Saut Paul Pasaribu, pasalnya meskipun banyak beredar berita bohong pria yang bertugas sebagai Babinkamtibmas Polsek Sangir Jujuan Polres Solok Selatan ( Solsel ) ini sukses meyakinkan hampir 300 orang masyarakat Nagari Sungai Kunyit untuk divaksin.

"Awalnya masyarakat tidak mau divaksin, mereka menunjukkan video bahwa vaksin itu tidak aman, namun setelah kita jelaskan dan membantah informasi tersebut mereka akhirnya bersedia untuk divaksin," kata Saut Paul Pasaribu usai menerima penghargaan dari Polres Solsel yang diserahkan oleh Kajari Solsel Muhammad Bardan usai upacara HUT Bhayangkara ke 75.

baca juga: Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 111 Miliar

Dia menambahkan dalam upaya meyakinkan masyarakat tersebut pihaknya berdasarkan perintah pimpinan pihaknya bekerja sama dengan Babinsa, dan pemerintahan Nagari turun langsung mengedukasi masyarakat di Nagari Sungai Kunyit kecamatan Sangir Balai Janggo.

Dia menyebutkan ada beberapa point' yang disampaikannya kepada masyarakat sekaitan dengan pelaksanaan vaksin tersebut, seperti sertifikat vaksin nantinya juga terkait dengan bantuan sosial, dan urusan administrasi pemerintahan.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

"Kalau vaksin tidak aman, tentu orang-orang yang lebih dulu divaksin akan merasakan dampaknya, tetapi kan mereka baik-baik saja. Kami sampaikan ke masyarakat jangan percaya hoax, mari dukung upaya pemerintah agar pandemi ini segera berakhir," katanya

Ditambahkan oleh Kapolsek Sangir Jujuan Iptu Benizar, upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 melalui Vaksin adalah tanggung jawab bersama, jangan lagi terpengaruh isu bohong agar pandemi ini segera berakhir.

baca juga: Pemko Padang Akan Tutup Lokasi Karantina Rumah Nelayan, Ini Penyebabnya

"Alhamdulillah setelah diyakinkan, akhirnya masyarakat yang sebelumnya menolak untuk divaksin akhirnya berbondong-bondong datang ke puskesmas untuk mendapatkan vaksin," katanya.

Pj Wali Nagari Sungai Kunyit Rusli membenarkan setelah edukasi yang diberikan bersama Babinkamtibmas dan Babinsa tersebut dalam tiga hari sebanyak 280 orang masyarat di Nagari itu bersedia untuk divaksin.

baca juga: Wapres Sebut Ini Kunci Pemberantasan Narkoba

"Kemarin sudah 280 orang, hari ini masih ada yang divaksin, bahkan petugas vaksin di Puskesmas Mercu cukup kewalahan melayani masyarakat yang akan divaksin," katanya.

Babinsa Danramil Sangir Kodim 0309 Solok sertu Afendi mengatakan disaat informasi bohong sudah tertanam didalam benak masyarakat memang dibutuhkan usaha yang maksimal dan terukur dalam arti mengajak masyarakat dengan penjelasan yang mudah mereka cerna dan bisa mereka terima.

"Kita sampaikan bahwa vaksin itu aman dan sangat banyak manfaatnya untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus Covid-19," katanya.

Sementara itu Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto mengatakan sebelum memberikan penghargaan kepada anggotanya tersebut pihaknya mengunjungi puskesmas yang ada dan melihat langsung di puskesmas Mercu banyak masyarakat yang antri untuk divaksin.

"Setelah saya selidiki ternyata anggota saya yang menjadi Babinkamtibmas disana mampu menyakinkan masyarakat untuk bersedia divaksin, sehingga diganjar penghargaan agar menjadi motivasi bagi anggota yang lain," katanya.

Dia berharap agar masyarakat mendukung upaya pemerintah untuk melakukan vaksinasi dengan tidak lagi terpengaruh oleh hoax atau berita bohong.

"Mari bersama kita lawan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi, semoga virus ini segera berakhir, dan ini adalah tanggung jawab kita bersama," katanya

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri