Lapas Kelebihan Kapasitas, Wabup Lima Puluh Kota Tawarkan Lahan untuk Bangunan Baru

Sambangi Lapas Klas IIB, Wakil Bupati Lima Puluh Kota Tawarkan Tanah Untuk Bangunan Baru Lapas
Sambangi Lapas Klas IIB, Wakil Bupati Lima Puluh Kota Tawarkan Tanah Untuk Bangunan Baru Lapas (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Klas IIB Payakumbuh , Senin 19 Juli 2021. Kunjungan ini dilakukan untuk silaturahmi dan sinergitas antara Pemkab Lima Puluh Kota dengan Lapas Klas IIB Payakumbuh .

RKN mengatakan Pemkab Lima Puluh Kota siap membantu Lapas Klas IIB Payakumbuh untuk mengatasi kelebihan kapasitas. Hal ini ditunjukkan dengan kesediaannya membantu penyediaan lahan untuk pembangunan Lapas baru yang lebih luas serta memiliki sarana dan berdaya tampung besar.

baca juga: Tinjau Pelaksanaan Tes PPPK, Wabup Lima Puluh Kota Janjikan Kesejahteraan Tenaga Honorer

"Kami siap membantu Lapas Payakumbuh untuk pembangunan lapas baru. Kami juga bisa sediakan lahannya di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota ," kata Rizki.

Dalam kesempatan tersebut, RKN juga akan memberikan bantuan kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kepala Lapas Payakumbuh , Muhammad Kameily menjelaskan bahwa Lapas Payakumbuh merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

baca juga: Penyandang Disabilitas Dirikan Enam Pondok Tahfidz, Bupati Lima Puluh Kota Janjikan Dukungan Anggaran

" Lapas Payakumbuh termasuk salah satu lapas terpadat atau kelebihan kapasitas yang memiliki dua wilayah hukum yaitu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota . Kondisi saat ini dengan kapasitas 59 orang, Lapas Payakumbuh telah dihuni oleh 316 orang WBP," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya sangat menyambut baik kesediaan Wakil Bupati Lima Puluh Kota dalam penyediaan lahan untuk pembangunan Lapas Payakumbuh yang baru dan lebih luas sehingga layak huni. Saat ini dijelaskannya, Lapas Payakumbuh sudah seharusnya dipindahkan ke tempat yang lebih luas dan nyaman.

baca juga: Cara Aman Bertransaksi Elektronik, Ini Kata Pakar di Lima Puluh Kota

"Kami akan segera menindaklanjuti hal ini dengan melaporkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat," kata Kalapas Klas IIB Payakumbuh .

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani