Selama Pandemi, Kasus Narkotika dan Pencurian Meningkat di Pariaman dan Padang Pariaman

Kajari Pariaman
Kajari Pariaman (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kasus tindak pidana umum di wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman meningkat di masa pandemi corona.

"Wilayah kerja kami di Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman . Nah semenjak pandemi kasus pidana umum di dua wilayah tersebut meningkat," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pariaman , Azman Tanjung Jumat 23 Juli 2021.

baca juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemko Pariaman Teken Mou Sekolah Penggerak dengan Kemedikbudristek

Dia mengatakan adapun kasus tindak pidana umum yang ditangani pihaknya selama awal 2021 hingga saat ini seperti narkotika, orang dan harta benda serta Kamnegtibum dan TPUL. "Tiga kasus tersebut merupakan kasus terbanyak yang kami tangani ketimbang kasus lainnya," jelas Azman.

Sedangkan untuk jumlah total tersangka atau terdakwa, kata Azman lagi, yang sudah diadili sebanyak 165 orang. "Selama awal tahun hingga sekarang tercatat kasus narkotika sebanyak 50 perkara, kasus orang dan harta benda sebanyak 99 perkara, kasus Kamnegtibum dan tpul sebanyak 30 perkara," ungkap kajari itu.

baca juga: 300 Orang Terdampak Pandemi di Pariaman Terima Zakat

Azman menilai, meningkatnya angka kasus tersebut dikarenakan pandemi corona. "Seiring meningkatnya kasus corona kejahatan juga meningkat. Kita tahu bagaimana dampak corona terhadap perekonomian sehingga banyak yang melakukan kejahatan untuk memenuhi kebutuhan serta ada yang lari dari kenyataan itu lalu mengkonsumsi narkotika," jelas Azman.

Terkait itu semua, sebut Azman lagi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menekan angka kasus pidana tersebut.

baca juga: Dua Atlet Kota Pariaman Ikuti PON XX di Papua

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani