Tingkatkan Penghasilan, Nelayan Kecil Disarankan Tangkap Ikan Tuna

Kepala DKP Padang, Gus Wardi
Kepala DKP Padang, Gus Wardi (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan penghasilan nelayan , Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat menyarankan nelayan agar menangkap ikan jenis tuna.

"Ikan tuna ini harganya kan lebih mahal dibanding ikan jenis lain yang biasanya ditangkap oleh nelayan di Padang ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang , Gus Wardi, Selasa 14 September 2021.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

Untuk hal tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan beberapa bantuan untuk nelayan kecil agar bisa menangkap ikan tuna .

"Kami memberikan bantuan berupa mesin tempel yang bisa membawa nelayan lebih jauh agar bisa menangkap ikan tuna ini," lanjutnya.

baca juga: Pemko Padang Akan Tutup Lokasi Karantina Rumah Nelayan, Ini Penyebabnya

Selain itu, pihaknya juga membantu nelayan untuk memodifikasi kapal mereka agar bisa berlayar lebih jauh untuk menangkap ikan.

"Kami sudah mencobanya dengan beberapa kelompok nelayan dan ternyata cara modifikasi ini berhasil dan mereka bisa menuju titik yang ada ikan tunanya," lanjutnya.

baca juga: Hampir Setengah Jumlah Nakes di Kota Padang Sudah Terima Vaksinasi Ketiga

Ia mengatakan, dengan menangkap ikan tuna , nelayan kecil di Kota Padang akan bisa lebih sejahtera dan bisa berpenghasilan lebih banyak.

"Karena harga ikan tuna ini lebih mahal dibanding ikan yang biasa ditangkap oleh nelayan seperti ikan tongkol. Dengan menangkap tuna ini, nelayan bisa memiliki penghasilan yang lebih banyak lagi," tutupnya.

baca juga: PT Semen Padang Kembali Gelar Donor Darah, PMI Padang: Stok Darah Menipis

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi